Monday, January 11, 2016

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquascape

Budidaya Ikan - Yang seringkali ditanyakan oleh para penggemar aquascape adalah ikan apa yang cocok untuk aquascape ? Apakah semua ikan cocok bila dipelihara di akuarium aquascape ?

Ada beberapa ikan yang tidak cocok dipelihara di akuarium aquascape seperti ikan komet dan koi yang suka memakan tanaman, dan ikan lou han atau red parrot yang suka menggali pasir.

10 Jenis Ikan Hias Air Tawar untuk Aquascape

Kali ini budidaya ikan akan mengulas 10 jenis ikan hias untuk aquascape yang biasa digunakan oleh para profesional atau para penghobi aquascapping.

1. Ikan Rainbow

Ikan Rainbow - Cara Budidaya Ikan
Ikan Rainbow
Rainbow fish cukup populer dikalangan para pecinta aquascape karena warna tubuhnya yang indah. Jenis-jenis ikan rainbow seperti Blue Spotted eye, Threadfin Rainbowfish dan Dwarf Neon Rainbowfish sangat suka berenang secara berkelompok sehingga membuat efek "kedalaman" di akuarium aquascape. Ikan ini juga cukup tangguh dan dapat beradaptasi dengan penggunaan CO2 pada aquascape.

2. Cardinal Tetra

Cardinal Tetra - Cara Budidaya Ikan Hias
Cardinal Tetra
Dikalangan para penghobi aquascape, cardinal tetra sangat  populer dan di sukai. Warna tubuhnya yang cerah dan terang menjadikan ikan ini favorit bagi para aquascaper. Warna biru neon yang melintang diatas garis merah tua di tubuhnya menjadi daya tarik dari ikan ini. 

Ikan ini sangat suka sekali berkelompok, dan dapat tumbuh hingga 4 cm. Cardinal tetra merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang baru memulai hobi aquascaping.

3. Neon Tetra

Neon Tetra - Cara Budidaya Ikan Hias
Neon Tetra
Neon tetra dan cardinal tetra sangat mirip dari bentuknya hingga warnanya. Namun bila Anda perhatikan dengan seksama yang membedakan antara keduanya adalah warna merah yang terdapat di perut. Cardinal tetra memiliki warna merah yang menutupi seluruh bagian perutnya, mulai dari bagian ekor hingga kedaerah insang. Namun warna merah pada neon tetra hanya sampai bagian perut saja. 

Untuk yang memiliki budget terbatas dan membutuhkan fish schooling, ikan ini menjadi pilihan terbaik.

Baca Juga Daftar Harga Ikan Hias Tahun 2016

4. Red Nose Tetra

Red Nose Tetra - Cara Budidaya Ikan Hias
Red Nose Tetra
Red nose tetra atau rummy nose tetra merupakan ikan air tawar tropis. Sama seperti spesies ikan tetra lainnya, ikan ini memiliki ukuran yang cukup kecil. Untuk ukuran dewasanya hanya memiliki panjang 5 cm. Ikan ini sangat senang bergerombol, dan yang membedakan red nose tetra dengan ikan tetra yang lain terdapat pada warna merah di bagian kepalanya.

5. Red Eye Tetra

Red Eye Tetra - Cara Budidaya Ikan
Red Eye Tetra
Bila dilihat sekilas, ikan red eye tetra sangat mirip dengan red nose tetra namun yang membedakannnya terdapat di warna merah yang ada di bagian kepalanya. Bila warna merah pada ikan red nose tetra hampir menutupi seluruh bagian kepalanya, namun warna merah pada ikan red eye tetra hanya terdapat di sebagian matanya.

6. Congo Tetra

Congo Tetra - Cara Budidaya Ikan Hias
Congo Tetra
Sama seperti ikan tetra yang lainnya, Ikan ini cukup populer dikalangan para pecinta aquascape. Ikan congo tetra berasal dari sungai Kongo di Afrika. Perbedaannya dengan ikan tetra yang lain adalah terdapat di siripnya, ikan congo memiliki sirip yang lebih panjang dibandingkan spesies tetra yang lain.

7. Ember Tetra

Ember Tetra - Cara Budidaya Ikan
Ember Tetra
Ember tetra merupakan salah satu ikan aquascaping yang paling populer, dengan warna nyag yang oranye membuat kontras yang sangat baik dengan warna hijau tanaman aquascape. Ukurannya yang kecil membuat akuarium terlihat lebih besar.

8. Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora - Cara budidaya Ikan Hias
Harlequin Rasbora
Ikan hias yang cocok untuk aquascape selanjutnya adalah harlequin rasbora. Ukurannya cukup kecil dan warnanya cukup cerah. Ikan ini dapat tumbuh hingga 5 cm dan masa hidupnya dapat mencapai 10 tahun dengan perawatan yang baik.

9. Mosquito Rasbora

Mosquito Rasbora - Cara Budidaya Ikan
Mosquito Rasbora
Mosquito Rasbora atau Chili Rasbora merupakan pilihan terbaik untuk akuarium aquascape milik Anda. Ukurannya yang kecil dengan warna merah yang menyala menjadikan ikan ini sangat populer dikalangan pecinta aquascape dan ikan hias. Namun ikan mosquito rasbora sangat sulit didapatkan sehingga harga untuk mendapatkannya pun cukup mahal dibandingkan dengan spesies rasbora yang lain.

10. Discus

Discus - Cara Budidaya Ikan Hias
Discus
Ikan discus berasal dari sungai Amazon, warna pada tubuhnya sangat beragam sekali. Ikan ini dapat tumbuh menjadi sangat besar sehingga membutuhkan akuarium yang cukup besar agar ukuran dari ikan discus tidak menjadi penghalang untuk melihat keindahan aquascape milik Anda. Ikan ini dapat dikombinasikan dengan ikan tetra atau ikan aquascape lainnya.



Itulah 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar untuk Aquascape, Semoga dengan informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang menentukan pilihan, ikan mana yang akan Anda pelihara di akuarium aquascape Anda. Selamat Mencoba.


Sharing Is Caring

0 Comment to "10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Aquascape"

Post a Comment