5 Jenis Ikan Hias Terpopuler di Indonesia

Budidaya Ikan - Tahukah Anda ada sekitar 450 jenis ikan yang berada di Indonesia dari 1100 jenis ikan yang ada di dunia, dengan demikian 1/3 spesies ikan hias di dunia dimiliki oleh Indonesia. Namun baru 90 jenis ikan yang dibudidayakan secara luas di masyarakat, ini menjadi peluang usaha bagi Anda yang sedang mencari ide bisnis baru.

Selain itu, di kalangan masyarakat Indonesia ikan hias memiliki penggemarnya tersendiri. Ada yang memeliharanya untuk mempercantik bagian dalam rumah atau halaman rumah. Yang paling banyak dinikmati dari ikan hias adalah keindahan tubuh dan siripnya.

Ikan Hias Terpopuler di Indonesia

Banyaknya jenis ikan hias yang terdapat di Indonesia menjadikan Anda yang baru memulai memelihara ikan hias tentunya memiliki kesulitan dalam menentukan pilihan ikan apa yang akan di pelihara nanti. Berikut kami berikan 5 jenis ikan hias terpopuler di Indonesia.

1. Ikan Arwana

Budidaya Ikan Arwana - Cara Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Arwana
Ikan Arwana - Cara Budidaya Ikan
Ikan Arwana
Ikan arwana merupakan ikan air tawar yang memiliki sisik yang memiliki corak warna yang beragam. Diantara ikan arwana yang paling populer adalah jenis ikan arwana super red asli Kalimantan, Indonesia.

Ikan arwana banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan Papua. Namun, sekarang sudah banyak yang membudidayakannya karena banyaknya peminat dan harganya yang fantastis.

2. Ikan Koi

Ikan Koi - Cara Budidaya Ikan
Ikan Koi
Ikan Koi - Cara Budidaya Ikan
Ikan Koi Cantik
Ikan Koi merupakan ikan hias terpopuler selanjutnya. Kepopuleran ikan koi tidak pernah surut dari masa ke masa. Ikan koi merupakan hasil dari persilangan ikan mas dan ikan karper, pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1820-an. 

Ikan Koi sangat cocok bila dipelihara di kolam yang cukup besar, karena keindahan ikan koi dapat terlihat bila dilihat dari atas kolam.

Baca Juga Daftar Harga Ikan Hias Terbaru

3. Ikan Louhan

Ikan Louhan - Cara Budidaya Ikan Louhan
Ikan Louhan
Ikan Louhan - Cara Budidaya Ikan Louhan
Ikan Louhan
Ikan terpopuler selanjutnya adalah Ikan Louhan. di tahun 2007-an ikan ini sangat populer dan banyak sekali orang yang memburunya untuk dipelihara. Keindahan warna dan corak yang ada ditubuhnya membuat ikan ini sangat dicintai para penggemarnya. Ada yang unik dari ikan lihan ini, yaitu terletak di kepalanya. Benjolan yang ada dikepalanya menjadi daya tarik tersendiri ikan hias satu ini.

4. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki - Cara Budidaya Ikan
Ikan Mas Koki
Ikan Mas Koki - Cara Budidaya Ikan
Ikan Mas Koki
Ikan Mas koki masih termasuk dalam keluarga ikan mas. Bentuk tubuh dan ekornya yang unik menjadikan ikan mas koki sebagai ikan populer di Indonesia. Perawatan ikan koki juga cukup mudah, gerakannya yang lucu sangat disukai oleh penggemarnya.

Di Jepang mengembangkan dan mengawin silangkan ikan mas koki sehingga ikan mas koki memiliki banyak variasi warna dan bentuknya, sehingga menambah kecantikan ikan tersebut.

5. Ikan Discus

Ikan Discus - Cara Budidaya Ikan Discus
Ikan Discus
Ikan Discus - Cara Budidaya Ikan Discus
Ikan Discus
Ikan discus merupakan ikan hias air tawar namun banyak yang menyangka ikan yang satu ini merupakan ikan hias air laut, karena bentuknya yang bulat dan pipih. Ikan discus memiliki banyak corak warna yang beragam sehingga membuat ikan hias yang satu ini cukup mahal. Gerakannya yang elegan menjadikan ikan ini memiliki "kelas" nya sendiri.



Semoga 5 Jenis Ikan Hias Terpopuler di Indonesia diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi ikan hias untuk dipelihara di akuarium Anda.




Post a Comment

0 Comments