Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias Yang Menguntungkan

Budidaya Ikan - Ide peluang usaha sampingan sangatlah beragam dan sumbernya pun bisa darimana saja, termasuk peluang usaha budidaya ikan hias yang dapat dijadikan sebagai usaha sampingan Anda.

Dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi, budidaya ikan hias lebih menguntungkan daripada budidaya ikan konsumsi. Karena pemeliharaannya yang relatif sama namun sistem penjualannya yang berbeda, bila ikan konsumsi dihargai berdasarkan kiloan maka ikan hias dihitung per ekor sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Baca 5 Jenis Ikan Hias Terpopuler di Indonesia

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias yang Menguntungkan

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias - Budidaya Ikan
Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias
Peluang usaha untuk menjalankan budidaya ikan hias masih terbuka lebar, karena masih belum banyak yang menjalankan usaha ini. Bila Anda menekuninya dengan serius, maka pundi-pundi keuangan Anda akan cepat terpenuhi. 

Banyaknya peminat ikan hias menjadikan usaha budidaya ikan hias salah satu peluang usaha yang menguntungkan. Banyaknya jenis ikan hias tidak menjadi sebuah masalah yang besar, karena masing-masing ikan hias memiliki penggemarnya sendiri. Seperti ikan arwana, ikan koi, ikan louhan, ikan discus, ikan cupang, ikan guppy, dan lain-lain. Berikut peluang usaha budidaya ikan hias yang menguntungkan.

1. Budidaya Ikan Arwana

Budidaya Ikan Arwana - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Arwana
Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia. Ikan arwana merupakan primadona dikalangan para pecinta ikan, namun harganya yang cukup tinggi membuat Anda yang memiliki kantong tipis harus bersabar.

Sebelum ikan ini dibudidayakan, banyak orang yang memburunya sehingga membuat populasi ikan ini hampir terancam punah. Namun karena harganya yang tinggi dan banyaknya permintaan, kini sudah banyak yang membudidayakan ikan ini.

Harga ikan arwana dipasaran mulai dari Rp. 100.000 untuk anakan hingga ratusan juta, tergantung dari kualitas ikan tersebut.

Baca Juga 5 Jenis dan Harga Ikan Arwana Termahal

2. Budidaya Ikan Koi

Budidaya Ikan Koi - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Koi
Peluang usaha budidaya ikan hias selanjutnya adalah budidaya ikan koi. Banyaknya peminat terhadap ikan ini, manjadikan budidaya ikan koi sangat menguntungkan meskipun harganya tidak semahal ikan arwana.

Ikan koi merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan mas sehingga terdapat berbagai macam ikan koi dengan variasi warna dan pola di tubuhnya. Persilangan ini dilakukan oleh kekaisaran Jepang sekitar tahun 1820-an.

Harga ikan koi dipasaran mulai dari Rp. 10.000 hingga jutaan rupiah tergantung dari kualitas ikan tersebut.

3. Budidaya Ikan Louhan

Budidaya Ikan Louhan - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Louhan
Beberapa tahun silam sekitar tahun 2007, ikan louhan sangat booming dan banyak dicari oleh peminat ikan hias air tawar. Harganya pun lumayan tinggi, banyak yang percaya motif yang ada di tubuhnya membawa keberuntungan, terutama dari etnis tionghoa. Namun bagi kita cukuplah memelihara ikan ini karena keindahannya saja bukan karena hal lain.hehe.

Meskipun kini ikan louhan sudah tidak booming seperti tahun 2007, namun tetap menjadi primadona dikalangan pecinta ikan hias.

Harga ikan lohan dipasaran mulai dari Rp. 100.000 hingga jutaan rupiah.


4. Budidaya Ikan Guppy

Budidaya Ikan Guppy - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Guppy
Peluang usaha budidaya ikan selanjutnya adalah budidaya ikan guppy, ikan yang satu ini cukup mudah untuk dibudidayakan dan sangat cepat proses reproduksinya. Ikan guppy masuk ke Indonesia sekitar tahun 1920-an, kini ikan guppy sangat populer dikalangan pecinta ikan. Harganya pun terjangkau bagi Anda yang memiliki kantong tipis.

Yang dijadikan sebagai ikan hias adalah ikan guppy jantan, karena corak warna dari tubuh dan siripnya yang indah dipandang.

Harga ikan guppy dipasaran mulai dari Rp. 2000 hingga ratusan ribu.

Baca Kumpulan Gambar Ikan Hias Air Tawar

5. Budidaya Ikan Discus

Budidaya Ikan Discus - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Discus
Ikan discus berasal dari benua Amerika, lebih tepatanya berasala dari sungai amazon. Bentuknya yang pipih dan memiliki warna yang indah pada tubuhnya menjadikan ikan ini populer dikalangan pecinta ikan hias indonesia.

Namun pembudidayaan dan perawatannya tidaklah mudah, ikan discus sangat cepat stress sehingga Anda perlu menjaga kebersihan aquarium.

Harga ikan discus dipasaran mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu.

6. Budidaya Ikan Mas Koki

Budidaya Ikan Mas Koki - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Mas Koki
Ikan mas koki sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, bentuknya yang unik dengan perut buncit dan matanya yang besar manjadikan ikan ini memiliki penggemarnya tersendiri.

Karena banyaknya permintaan terhadap ikan ini, menjadikan budidaya ikan mas koki salah satu peluang usaha budidaya ikan hias yang menguntungkan.

Harga ikan mas koki dipasaran mulai dari Rp. 10.000 hingga jutaan rupiah.

7. Budidaya Ikan Cupang

Budidaya Ikan Cupang - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Cupang
Ikan cupang merupakan ikan khas Asia Tenggara seperti thailand, malaysia, singapura dan Indonesia. Perawatan dan pembudidayaan ikan cupang tidaklah sulit, karena ikan cupang biasa hidup di daerah yang minim kandungan oksigen.

Ikan cupang tidak hanya dijadikan ikan hias. Karena sifatnya yang agresif, ikan ini sering juga dijadikan ikan aduan. Budidaya ikan cupang dapat Anda jadikan sebagai peluang usaha sampingan Anda.

Harga ikan cupang di pasaran Rp. 5000 hingga ratusan ribu.

8. Budidaya Ikan Komet

Budidaya Ikan Komet - Budidaya Ikan
Budidaya Ikan Komet
Ikan komet atau Carassius Auratus merupakan salah satu ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Yang menjadi daya tarik dari ikan ini adalah warna yang terdapat di tubuh ikan.

Budidaya ikan komet pun tidak sulit, modalnya pun tidak terlalu banyak, yang perlu diperhatikan adalah ketekunan dan keterampilan Anda.


Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat menemukan peluang usaha budidaya ikan yang cocok dengan Anda. Untuk mengetahui harga-harga ikan hias yang lain, Anda bisa lihat di Daftar Harga Ikan Hias Tahun 2016. Selamat Mencoba

[Budidaya Ikan]



Post a Comment

0 Comments