Wednesday, January 6, 2016

Tanaman Aquascape untuk Pemula

Budidaya Ikan - Tanaman aquascape merupakan komponen yang cukup penting dalam menghias akuarium Anda. Tanaman aquascape memiliki beberapa fungsi seperti tempat persembunyian ikan, sebagai karpet akuarium yang alami, dan penyeimbang lingkungan akuarium.

Di dunia Aquascape, Tanaman Aquascape dikelompokkan menjadi 3 berdasarkan letak penempatannya didalam akuarium yaitu foreground plants (penempatannya di bagian depan akuarium), midground plants (penempatannya di bagian tengah akuarium), background plants (penempatannya di bagian belakang akuarium).

Tanaman Aquascape untuk Pemula

Sebagian tanaman aquascape butuh perawatan yang tidak mudah, karena ada beberapa parameter yang harus dipenuhi seperti pencahayaan, CO2, substrate, dan lain-lain. Tentunya bagi para pemula akan sangat kesulitan. Berikut tanaman aquascape untuk pemula.

1. Amazon Sword (Echinodorus Amazonicus)

Amazon Sword - Cara Membuat Aquascape
Amazon Sword
Nama latin amazon sword adalah Echinodorus Amazonicus. Amazon sword termasuk tanaman aquascape untuk pemula karena tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 50 cm. 

Amazon sword termasuk kelompok midground plant yaitu ditanam di bagian tengah akuarium. Biasanya tanaman ini ditanam secara berkelompok dan sebagai tempat sembunyi ikan. 

Amazon sword 
Suhu : 22 - 27 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan sedang

2. Anubias Nana

Anubias - Cara Membuat Aquascape
Anubias
Anubias nana dapat dijadikan sebagai foreground plants atau midground plant. Tanaman aquascape satu ini cocok bagi para pemula, karena perawatan yang tidak sulit. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 15 cm, namun anubis membutuhkan media untuk tumbuh seperti kayu ataupun batu. 

Anubias sangat cocok bila ditanam dalam kelompok yang besar, cahaya yang menyinari anubias akan memberikan efek yang luar biasa.

Anubias Nana
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan sedang

3. Java Fern (Microsorum Pteropus)

Java Fern - Cara Membuat Aquascape
Java Fern
Microsorum Pteporus atau Java Fern merupakan tanaman aquascape yang populer di kalangan para pecinta aquascape. Perawatannya yang sangat mudah menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk aquascaper pemula.

Tanaman ini dapat di tempatkan di seluruh area akuarium, baik foreground, midground, background.

Java Fern
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan rendah dan sedang

Baca Juga Cara Membuat Aquascape Untuk Pemula

4. Java Moss (Vesicularia Dubayana)

Aquascape Java Moss - Cara Membuat Aquascape
Aquascape Java Moss
Vesicularia Dubayana atau Java Moss merupakan tanaman aquascape populer di kalangan aquascaper. Agar tetap berada di dasar akuarium maka Java moss ditanam di media kayu ataupun batu. Karena moss tidak berakar maka tanaman ini membutuhkan media tersebut.

Tanaman aquascape ini cocok untuk pemula karena mudah dalam perawatannya. Tanaman ini dapat tumbuh di pencahayaan rendah, sedang maupun tinggi.

Java Moss
Suhu : Pertumbuhan optimal di suhu 22 - 25 derajat Celcius, Toleransi 22 - 32 derajat Celcius.
Pencahayaan : Semua jenis pencahayaan

5. Dwarf Hair Grass (Eleocharis Parvula)

Dwarf Hairgrass - Cara Membuat Aquascape
Dwarf Hairgrass
Dwarf hairgrass dapat dijadikan foreground plants, baiknya tanaman ini di tanam dalam skala besar agar terlihat lebih indah dan sangat cocok berdampingan dengan hardscape seperti batu yang akan sangat kontras dengan warna hijau dari dwarf hairgrass.

Dwarf Hairgrass
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan Sedang

6. Dwarf Baby Tears (Hemianthus Callitrichoides)

Dwarf Baby Tears - Cara Merawat Aquascape
Dwarf Baby Tears
Dwarf Baby Tears berbeda dengan HC Cuba dan perawatan tanaman ini cukup mudah. Dwarf baby tears merupakan carpet plant dimana tanaman ini akan tumbuh menyebar secara horizontal dan akan menutupi keseluruhan substrat seperti karpet. Tanaman ini sangat populer di kalangan aquascaper.

Dwarf Baby Tears
Suhu : 22 - 29 derajat Celcius, Namun suhu yang paling ideal berkisar 22 - 23 derajat Celcius.
Pencahayaan : Pencayahaan tinggi

7. Dwarf Sagittaria (Sagittaria Subulata)

Dwarf Sagittaria - Cara Membuat Aquascape
Dwarf Sagittaria
Sagittaria Subulata dapat tumbuh hingga 10 - 15 cm dan sangat mudah tumbuh. Tak seperti hair grass yang pertumbuhannya cukup rapat, sagittaria subulata tidak sepadat hair grass. Jadi Anda perlu beberapa tanaman ini untuk menciptakan kepadatan di akuarium.

Dwarf Sagittaria
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan Sedang

8. Marsile Hirusta

Marsilea Hirusta - Cara Budidaya Ikan
Marsilea Hirusta
Sama seperti tanaman Dwarf Hair Grass, Marsilea Hirusta merupakan tanaman karpet pada Aquascape. Ia tumbuh menyebar secara horizontal dan sangat cocok dikombinasikan dengan hardscape semisal batu.

Marsilea Hirusta
Suhu : 23 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan sedang

Baca Juga Cara Membuat Aquascape Air Terjun

9. Pogostemon Helferi

Pogostemon Helferi - Cara Membuat Aquascape
Pogostemon Helferi
Bentuk daun dari pogostemon helferi cukup unik dengan gelombang di setiap daun memberikan kesan tersendiri. Tanaman ini dapat ditanam pada bagian depan akuarium. Untuk menciptakan tampilan yang baik, Anda dapat menanam beberapa pogostemon.

Pogostemon Helferi
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan sedang

10. Pygmy Chain Sword (Echinodorus Tenellus)

Pygmy Chain Sword - Cara Membuat Aquascape
Pygmy Chain Sword
Pygmy chain sword sangat mirip dengan hair grass, yang membedakannya adalah kerapatan pertumbuhannya di akuarium. Tanaman ini cocok bila ditanam berdampingan dengan hardscape seperti batu ataupun kayu.

Pygmy Chain Sword
Suhu : 22 - 25 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan sedang dan pencahayaan tinggi.

11. African Water Fern (Bolbitis)

African Water Fern / Bolbitis - Cara Membuat Aquascape
African Water Fern (Bolbitis)
Bolbitis sangat bagus untuk background ataupun foreground dan sangat mudah untuk perawatannya. Bolbitis dapat dijadikan sebagai tempat persembunyian anak ikan.

African Water Fern atau Bolbitis
Suhu : 20 - 27 derajat Celcius
Pencahayaan : Pencahayaan rendah


Semoga 11 tanaman aquascape untuk pemula diatas dapat bermanfaat bagi Anda yang baru mencoba membuat aquascape. Bila Anda sudah mahir dalam membuat aquascape, Anda dapat mencoba tanaman aquascape yang tingkat kesulitannya medium. Selamat mencoba. Baca juga cara membuat aquascape murah dan sederhana untuk pemula.


Sharing Is Caring

0 Comment to "Tanaman Aquascape untuk Pemula"

Post a Comment