Saturday, May 28, 2016

8 Peralatan Membuat Aquarium Air Laut

Aquarium Air Laut - Sebagian orang beranggapan membuat aquarium air laut cukup sulit dan mahal, namun pada kenyataannya membuat aquarium air laut bukanlah sesuatu yang mustahil. Anda hanya perlu belajar dan banyak mencari informasi sebelum membuat aquarium air laut Anda sendiri.
Aquarium Air Laut - Cara Budidaya Ikan
Aquarium Air Laut
Faktanya, pemeliharaan aquarium air laut memang lebih sulit dibandingkan aquarium air tawar, karena air laut mengandung beberapa bahan yang terlarut didalamnya dengan kadar yang reatif tinggi.

Sebelum membuatnya Anda dapat memulai dengan merancang tema yang akan dihadirkan di aquarium Anda. Anda dapat memilih antara memelihara aquarium coral saja, aquarium ikan saja, atau gabungan keduanya. Namun jika Anda ingin menggabungkan keduanya, Anda akan menemukan kesulitan yang lain karena masing-masing memiliki persyaratan yang relatif berbeda.

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat aquarium air laut, yang perlu Anda ketahui adalah
"Bersabarlah dalam memulai membangun aquarium air laut"
Setelah Anda mengisi aquarium dengan air laut maka biarkan aquarium laut tersebut beberapa waktu sekitar 5 hari - 1 minggu agar airnya menjadi normal dan dapat membentuk ekosistem yang stabil. Jangan terburu-buru memasukkan ikan kedalam aquarium agar tidak terjadi new tank syndrome, sehingga Anda tidak perlu kecewa.

Ikan air laut yang cocok untuk pemula seperti ikan damshell, ikan badut, atau ikan balongan. Anda juga dapat memberikan pakan cacing sutra arau udang beku. Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aquarium air laut untuk pemula ? Berikut peralatan yang dibutuhkan untuk membuat air laut untuk pemula.

Baca Juga Cara Membuat Aquarium Air Laut

Peralatan untuk Membuat Aquarium Air Laut

Aquarium

Aquarium Air Laut - Budidaya Ikan
Aquarium Air Laut
Komponen utama dalam membuat aquarium air laut tentu saja aquarium itu sendiri, untuk ukuran dapat disesuaikan dengan space yang ada dirumah Anda atau dapat menggunakan aquarium mini.

Baca Juga Daftar Harga Aquarium Terbaru

Sump / Refugium (Filter)

Skema Sump Aquarium - Budidaya Ikan
Skema Sump Aquarium / Filter
Sump merupakan tempat penampungan air untuk membersihkan air dari sisa makanan atau kotoran dengan skimmer, menetralkan kadar amoniak, dan menurukan kadar nitrat serta mendinginkan suhu air.

Selain itu, sump juga dapat menjadi tempat penampungan sementara ikan atau coral yang baru dibeli. 

Skimmer

Skimmer Aquarium - Budidaya Ikan
Skimmer Aquarium
Skimmer berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa makanan, kotoran dan lemak yang terkandung didalam air laut yang menyebabkan tingginya kadar amoniak didalam air. Cara kerja skimmer yaitu dengan membuat buih atau busa halus, kemudian kotoran yang terperangkap dalam buih-buih tersebut akan dibuang ke tempat penampungan. 

Chiller

Chiller Aquarium - Budidaya Ikan
Chiller Aquarium
Chiller berfungsi untuk menurunkan suhu air laut di aquarium, karena ikan laut membutuhkan suhu yang cukup dingin.

Calcium Reactor

Calcium Reactor - Budidaya Ikan
Calcium Reactor
Air laut membutuhkan kadar kalsium yang tinggi agar pertumbuhan coral dan binatang-binatang laut lainnya dapat tumbuh dengan baik. Calcium Reactor sebagai penyuplai kadar kalsium ke dalam air laut.

Coil Denitrator

Berfungsi sebagai penetralisir kadar nitrat yang berbahaya bagi seluruh ikan yang ada di dalam aquarium.

Pompa Air

Berfungsi untuk menyalurkan air dari sump ke aquarium utama. Skimmer juga membutuhkan pompa air, sehingga kebutuhan pompa air dalam 1 aquarium bisa lebih dari 1 buah. Untuk mengetahui harga pompa air terbaru, anda dapat melihatnya di harga pompa air untuk kolam ikan.

Lampu

Lampu Aquarium - Budidaya Ikan
Lampu Aquarium
Lampu memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup coral didalam aquarium, karena ia dibutuhkan coral untuk berfotosintesis. Lampu yang baik untuk biota laut adalah lampu yang dapat menggantikan sinar matahari sekitar 10 - 20 ribu derajat Kelvin.


Sebenarnya masih banyak yang perlu dipersiapkan, namun 8 peralatan membuat aquarium air laut diatas sudah cukup bagi pemula. Alat-alat yang lainnya hanya sebagai pendukung seperti, PH/KH Tester, Calcium Tester, Amoniak/Nitrat Tester, Thermometer, Salinity Tester, Bioball, Bakteri Starter, dll.

Diingatkan kembali, bahwasanya dalam membuat aquarium air laut, dibutuhkan kesabaran yang cukup agar hasilnya dapat sesuai dengan apa yang kita inginkan.
"Hasil Yang Baik Berasal Dari Kesabaran Dan Usaha Maksimal"
Semoga Berhasil !!!

[Cara Budidaya Ikan]

Sharing Is Caring

0 Comment to "8 Peralatan Membuat Aquarium Air Laut"

Post a Comment