Tips Memilih Aquarium Untuk Ikan Hias

Tips Memilih Aquarium - Aquarium menjadi bagian terpenting dalam memelihara ikan hias. Pemilihan yang tepat menjadikan ikan hias lebih enak dipandang di rumah Anda.

Maka dari itu perlu juga diperhatikan ukuran dan bentuk dari aquarium agar cocok dengan rumah Anda. Dan masih banyak lagi yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli aquarium. Berikut tips memilih aquarium untuk ikan hias.
Daftar Harga Aquarium Terbaru
Aquarium untuk Aquascape
Aquarium untuk Aquascape

Model Aquarium

Sekarang banyak sekali model aquarium yang ditawarkan oleh berbagai macam produsen. Ada yang model biasa, model dengan kaca tanpa sambungan yang biasa diebut Kaca Bending, berbentuk bola, dan aquarium mini. Anda dapat melihat berbagai macam aquarium mini dan harganya di sini.

Untuk model aquarium dapat disesuaikan dengan selera Anda dan rumah Anda.

Ukuran Aquarium

Besar belum tentu menjadi pilihan yang tepat, Anda harus menyesuaikan dengan ruangan dirumah Anda. Namun, pada umumnya ukuran aquarium tiga kali dari ukuran ikan.

Bila Anda memelihara ikan arwana tentu harus memiliha aquarium yang besar, tapi bila Anda hanya memelihara ikan cupang tentunya tidak perlu membeli aquarium yang besar.

Ketebalan Kaca Aquarium

Seringkali kita tidak memperhatikan ketebalan kaca aquarium, namun jangan sekali-sekali diremehkan bila Anda tidak ingin aquariuam Anda rusak nantinya. 

Pilihlah ketebalan kaca sesuai dengan volume air, perhatikan tabel berikut ini :
Volume Air(Liter) Ketebalan Kaca(mm)
0 - 5 liter 3 mm
50 - 100 liter 6 mm
100 - 125 liter 8 mm
200 - 250 liter 10 mm
500++ liter 12 mm

Untuk menghitung volume air panjang(cm) x lebar(cm) x tinggi(cm) / 1000 = volume air


Lapisan Lem Perekat

Karena aquarium terbuat dari potongan-potongan kaca yang direkatkan satu sama lainnya, maka bagian ini menjadi sesuatu yang penting untuk mencegah kebocoran diwaktu yang akan datang.

Bila lem yang digunakan memiliki kualitas rendah akan sangat mudah berlubang hingga mengakibatkan kebocoran pada aquarium. Pastikan Anda telah memeriksa lem yang digunakan untuk merekatkan aquarium.

Sesuaikan dengan Populasi Ikan

Yang terakhir, sesuaikan dengan populasi ikan yang akan Anda pelihara. Semakin banyak ikan yang akan dipelihara didalam aquarium, maka ukurannya pun harus semakin luas.

Faktor ini perlu diperhatikan agar ikan yang ada didalam aquarium dapat hidup nyaman sesuai dengan habitatnya.


Itulah Tips Memilih Aquarium untuk Ikan Hias, jangan lupa apapun pilihan aquarium Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki. 

Post a Comment

0 Comments