Tuesday, January 12, 2016

Jenis Filter Aquarium untuk Ikan Hias

Budidaya Ikan - Bagi Anda para pecinta ikan hias tentunya filter aquarium sudah menjadi bagian yang cukup penting dalam perawatan ikan hias dan kualitas air. Fungsi dari filter aquarium adalah untuk membersihkan kotoran ikan dan sisa makanan, menjaga kebersihan dan kualitas air.

Adanya filter aquarium untuk ikan hias akan membantu meringankan pekerjaan Anda untuk menjaga kualitas air dan kebersihan air.

Baca Juga Daftar Harga Filter Aquarium

Jenis Filter Aquarium untuk Ikan Hias

Jenis Filter Aquarium - Cara Budidaya Ikan
Jenis Filter Aquarium
Filter aquarium memiliki berbagai macam jenis, dibedakan berdasarkan letaknya dan cara kerjanya. Pemilihan filter aquarium sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan ikan hias yang Anda pelihara. Berikut jenis filter aquarium untuk ikan hias berdasarkan cara kerjanya.

1. Filter Aquarium Mekanik

Filter Aquarium Mekanik - Cara Budidaya Ikan Hias
Filter Aquarium Mekanik
Cara kerja filter mekanik yaitu menyaring kotoran yang terdapat didalam aquarium dengan media berupa busa, spons, kapas dan bebatuan. 

2. Filter Aquarium Biologis

Filter Aquarium Bio Ball - Cara Budidaya Ikan
Filter Aquarium Bio Ball
Berbeda halnya dengan filter mekanik yang menyaring kotoran dengan media filter, filter biologis ini menyediakan sebuah media bagi bakteri pengurai untuk berkembang biak yaitu bio ball. Bakteri tersebut akan mengubah amonia dan nitrit menjadi nitrat.

Dalam jumlah tertentu amonia dan nitrit merupakan zat yang bahaya bagi ikan, maka dari itu dibutuhkan bakteri untuk merubahnya agar tidak berbahaya bagi ikan. Nitrat dapat berguna untuk pertumbuhan tanaman, namun bila kandungan nitrat didalam akuarium cukup banyak akan memicu pertumbuhan alga didalam aquarium.

3. Filter Aquarium Kimiawi

Filter Aquarium Zeolite - Cara Budidaya Ikan
Filter Aquarium Zeolite
Jika filter biologis merubah zat ammonia dan nitrit menjadi nitrat, maka filter kimiawi berfungsi untuk menyerap zat-zat kimia yang berbahaya bagi ikan seperti ammonia dalam air. Filter yang biasa digunakan untuk menyerap zat kimia didalam air adalah arang karbon dan zeolite. 

Namun dalam jangka waktu tertentu media filter tersebut mengalami penurunan dalam kekuatan daya serapnya. Maka perlu mengganti media filter tersebut.

Baca Juga 8 Peralatan Membuat Aquarium Laut

Manfaat Filter Aquarium

Aquarium yang tidak menggunakan filter akan mudah kotor dan keruh. Membersihkannya secara manual, berarti Anda harus mengganti air dan memindahkan ikan untuk sementara ke tempat lain. Namun hal tersebut akan membuat ikan menjadi stress.

Ikan yang stress akan kehilangan nafsu makan dan pergerakannya menjadi tidak aktif. Kesehatan ikan pun akan menurun dan dapat menyebabkan kematian. Sehingga filter aquarium sangatlah penting untuk sirkulasi air didalam aquarium. Berikut manfaat filter aquarium :

  1. Menjaga Kebersihan Air
  2. Menjaga Kualitas Air
  3. Meringankan Tugas Anda untuk Tidak Selalu Mengganti Air
  4. Menjaga Ikan Tidak Mudah Stress


Itulah jenis filter aquarium untuk ikan hias, semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan memabntu Anda memilih filter apa yang cocok untuk aquarium dan ikan hias Anda.


Sharing Is Caring

0 Comment to "Jenis Filter Aquarium untuk Ikan Hias"

Post a Comment