Thursday, March 17, 2016

Cara Pembesaran Benih Ikan Gurame

Budidaya Ikan Gurame - Proses pembesaran benih ikan gurame merupakan lanjutan dari Pendederan benih ikan gurame. Proses pembesaran ini akan berlangsung hingga ikan gurame memiliki bobot rata-rata 500g/ekor.
Pembesaran Benih Gurame - Budidaya Ikan Gurame
Pembesaran Benih Gurame

Pembesaran Benih Ikan Gurame di Kolam Tanah

Kolam yang biasa digunakan untuk pembesaran adalah kolam tembok atau tanah. Ukuran kolam pembesaran berkisar 100 - 500 meter persegi dengan tingkat kepadatan tebar 20 ekor per meter persegi. Dengan ketinggian air 70 cm dan debit air yang masuk dan keluar kolam sebanyak 15-20 liter/menit.

Persiapan Kolam Ikan Gurame

Untuk mempersiapkan kolam, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan pengeringan selama tiga hari atau maksimal seminggu hingga tanah menjadi retak. Kemudian tanah di balikkan dengan cangkul agar sisa makanan dan zat-zat berbahaya yang mengendap didasar kolam dapat terangkat keluar. Setelah tanah digemburkan selanjutnya tanah diberi pupuk kandang sebanyak 500 gram per meter persegi dan kapur sebanyak 25 gram per meter persegi.

Pada tempat masuk dan keluarnya air baiknya dipasangi saringan untuk mencegah binatang atau hama bagi ikan gurame.

Baca Juga Cara Pembenihan Ikan Gurame

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Pemberian pakan pada tahap pembesaran hampir sama dengan tahap pendederan. Pakan yang diberikan berupa pelet yang mengandung 25% protein diberikan setiap hari sebanyak 1% dati bobot benih. 

Frekuensi pemberian pakan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari, sebaiknya pemberian pakan dilakukan pukul 07.00 Pagi, 11.00 Siang, dan pukul 13.00 Siang. Untuk pakan tambahan Anda dapat memberikan daun sente sebanyak 10% dari total bobot benih, dan pemberian pakan dapat dilakukan pukul 17.00.

Lama Pembesaran Benih Ikan Gurame

Pembesaran ikan gurame membutuhkan waktu 75-100 hari untuk menghasilkan gurame seukuran bungkus rokok atau 10 sampai 12 ekor per kilo. Ikan Gurame yang sudah memiliki ukuran seperti ini sudah dapat dipanen dan dijual atau Anda dapat membesarkannya lagi selama 90 - 100 hari hingga ikan gurame berukuran 500 g/ekor dan siap di konsumsi.

Itulah Cara pembesaran benih ikan gurame di kolam tanah,semoga dapat menginspirasi Anda smeua. Selamat mencoba !

Sharing Is Caring

0 Comment to "Cara Pembesaran Benih Ikan Gurame"

Post a Comment